Periode terdiri dari "Masa Pengemasan" dan "Estimasi Masa Pengiriman", dimulai dari tanggal konfirmasi pembayaran untuk pesanan Anda, dengan perhitungan:
= Masa Pengemasan + Estimasi Masa Pengiriman
Masa Pengemasan tertera di halaman produk sebagai , tetapi akan otomatis berakhir ketika penjual mengkonfirmasikan sudah kirim barang dalam aplikasi.
Masa Pengiriman mengikuti aturan berikut ini:
- Masa pengiriman pesanan dari DKI Jakarta ke DKI Jakarta = 5 hari + (dikirim dalam).
- Masa pengiriman pesanan daerah lainnya (bukan sesama DKI Jakarta atau antar daerah lainnya) = 8 hari + (dikirim dalam).
- Khusus untuk pengiriman dengan jasa kirim JNE, apabila penjual memasukkan nomor resi pengiriman yang sah ke dalam aplikasi Shopee, Garansi Shopee akan berakhir 1 hari setelah sistem JNE menyatakan paket terkirim dengan sukses.
Apabila pembeli klik , maka dana juga akan langsung dilepas dan diteruskan ke penjual.
- Untuk pesanan yang telah dikirimkan oleh penjual
Pembeli harus mengkonfirmasi penerimaan barang atau mengajukan pengembalian dalam kurun waktu tersebut atau dana akan secara otomatis diteruskan kepada penjual ketika masa berakhir.
- Untuk pesanan yang BELUM dikirimkan oleh penjual
Penjual harus memastikan bahwa pesanan telah dikirimkan selambat-lambatnya 3 hari setelah masa "Dikirim Dalam" berakhir, atau dana akan secara otomatis dikembalikan kepada pembeli. Pembeli juga dapat mengajukan pengembalian dana apabila barang belum dikirimkan.
Pembeli dapat meminta satu kali perpanjangan Garansi Shopee selama 3 hari bila pembeli masih belum menerima barang, dengan memilih di “Rincian Pesanan”.
Jika Anda masih belum menerima barang Anda ketika dalam masa perpanjangan, pilih sebelum masa perpanjangan Garansi Shopee berakhir untuk melindungi dana Anda.
Catatan:
- Mohon diperhatikan bahwa Garansi Shopee tidak berlaku untuk transaksi dengan metode “Penjual-Pembeli Atur Sendiri”.
- Penjual disarankan untuk mengirimkan barang dalam kurun waktu “Dikirim dalam” untuk menghindari pengembalian dana otomatis ke pembeli