Komponen Induktor/ Coil/Choke HandPhone

Komponen  Induktor/ Coil/Choke HandPhone | Ilmu Service HP - Coil  adalah kumparan  pendek  elektromagnetik,  kumparan  kawat  konduktor  ini  adalah seperti tembaga dalam bentuk silinder di sekitar inti besi yang menciptakan sebuah induktor atau  elektromagnet  untuk  menyimpan  energi  magnetik.  Kumparan  ini  sering  digunakan untuk menghilangkan lonjakan daya dan dips dari arus listrik.

Komponen Induktor

Komponen Induktor

1) Air Core Inductor

Istilah Air  Core  Inductor  menggambarkan  sebuah  induktor  yang  tidak  menggunakan  inti magnetik yang terbuat dari bahan feromagnetik. Istilah “ ir” ini mengacu pada inti gulungan lain seperti plastik, keramik, atau bentuk lain yang tidak menimbulkan magnetik, atau tidak
ada isi dalam inti gulungan.

Air Core Inductor

Air Core Inductor memiliki induktansi rendah dari kumparan inti feromagnetik,  tetapi  sering  digunakan  pada  frekuensi  tinggi  karena  mereka  bebas  dari kerugian  energi  yang  disebut  kerugian  inti  yang  terjadi  pada  inti  feromagnetik,  yang meningkat sejalan dengan frekuensi. Namun sebuah efek samping yang dapat terjadi dalam gulungan  jenis  ini  dikenal  sebagai  'microphony':  getaran  mekanis  dari  gulungan  dapat menyebabkan variasi dalam induktansi.


2) Ferrite-Core Inductor

Untuk  frekuensi  yang  lebih  tinggi,  induktor  dibuat  dengan  core  ferit.  Ferit  adalah  bahan ferrimagnetik keramik yang nonconductive, sehingga arus tidak dapat mengalir di dalamnya. Rumus  ferit  xxFe O dimana xx mewakili berbagai  logam.  Untuk core induktor  dengan ferit 24 lunak,  memiliki  koersivitas  rendah  dan  kerugian  histeresis  demikian  rendah.  Bahan  ini serupa bubuk  besi direkatkan dengan pengikat.
Ferrite-Core Inductor


3) SMD Inductors/choke

Masih  bagian  dari  Coil,  sebuah SMD  Inductors atau  kumparan  choke  adalah  bagian  yang digunakan dalam sirkuit listrik  untuk memungkinkan arus  DC mengalir sekaligus  memblokir arus  AC  yang  mencoba  lewat  dalam  waktu  bersamaan. SMD  Inductors ini  digunakan  di sejumlah perangkat listrik, termasuk motherboard ponsel. SMD Inductors digunakan dalam rangkaian  dengan  frekuensi  yang  lebih  tinggi  menggunakan  bahan  inti  yang  berbeda  dari yang digunakan dalam rangkaian frekuensi yang lebih rendah
SMD Inductors

Mau donasi lewat mana?

BRI - Akhir Mali (3524-0102-0274-531 )

BSI - Akhir Mali (7181-0522-57)

OVO/DANA - Akhir Mali (0852-0000-0285)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan donasi. Tekan tombol merah
© ARMINAVEN. All rights reserved. Developed by Saifullah.id