Banner 468 x 60

Loading...

Sumpah Pemuda By: Tgk Hajjam Syidada

Advertisement
Duloe semua kita, pemuda Indonesia selalu mengumandangkan barisan kata dan kalimat yang tertulis dalam secarik kertas biasa, hasil goresan tangan Muhammad Yamin. Tahun 1926, sebelum nama negara Indonesia diakui secara sah, dan masih dalam penjajahan kolonialisme, pemuda Indonesia sudah berani melakukan bentuk perlawanan secara intelektual dan elegan. 

Tak hanya membuat gerakan berotot dan bersenjata bambu runcing saja, mereka menggunakan daya pikir pemersatu agar bangsa Indonesia dapat dipersatukan melalui semua persamaan-persamaan persepsi yang mereka miliki. Wacana yang dibangun para pemuda saat itu, lalu divisualisasikan dengan salah satunya munculnya kata-kata yang sangat menggugah jiwa anak bangsa sampai sekarang. 

Dengan persamaan satu tanah air, satu bangsa, satu bahasa yang semua merujuk pada sebuah nama yaitu Indonesia. Layar sudah mereka buka dan bentangkan. Boleh jadi sekarang, secara kasat mata, kita tidak pernah melihat prajurit berbaju loreng negara lain, datang merusak tempat tinggal, menodongkan basoka dan senjata lainnya kepada keluarga, teman, kerabat, dan umumnya orang Indonesia lainnya (ceqiqiqi kaya' film" barat). Tapi apakah penjajahan hanya berbentuk dan berjenis maen tembak-tembakan trus ? (Kya' power rangers gt) Wallohu a'lam Salam pemuda
Advertisement

0 Response to "Sumpah Pemuda By: Tgk Hajjam Syidada"

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Sumpah Pemuda By: Tgk Hajjam Syidada" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode