• INFO DAFTAR CUG
  • WA:085200000285
  • PIN: D703CC94

Panduan Merakit Komputer Lengkap

 

Advertisement
Solusi Nelpon SMS Paket Internet Telkomsel Murah - KLIK DISINI

Panduan Merakit Komputer Lengkap - Dulu, sewaktu masih belajar dima'had Bustanul Arifin pondok sayur, Arminaven sempat mengikuti pelatihan Merakit komputer dari nol, dan alhmadulillah masih ingat sampai sekarang ini, tapi kata guru ane "al ilmu yau'qadu bil kitabah" maka Arminaven mencoba untuk menuliskan langkah langkahnya disini.

sebelum ane paparkan Panduan Merakit Komputer Lengkap, ada baiknya arminaven paparkan juga sebuah ebook lengkap yang berisi tentang dunia komputer . ane rekomendasikan sobat arminaven untuk memiliki Ebook yang berjudul. "Panduan Merakit, Merawat dan Memperbaiki Komputer "mengapa ane rekomendasikan memiliki ebook ini? karena tidak selamanya kita mendapatkan panduan yang lengkap dari internet, dan tidak selamanya kita memiliki koneksi internet, bayangkan saja jika saja saat butuh panduannya ternyata koneksi internet kita tidak ada, kemana kita akan mencari referensi. tentunya jika sobat memiliki ebook ini, insyalah akan terbantu.
Deskripsi Ebook :

Ebook ini berjumlah 423 Halaman PDF A4, yang secara tegas lugas dan jelas membahas cara merakit, memperbaiki dan merawat komputer


Sudah menjadi rahasia umum kalau yang bagus pasti berbayar, maka tanpa perlu saya jelaskan, sobat arminaven bisa menebak kalau ebook ini pasti berbayar alias premium. tapi jangan takut, harga ebook ini tidak seberapa dengan pengeluaran anda dibandingkan dengan ilmu yang anda dapatkan, apa lagi ebook yang anda order menggunakan paket diskon, sobat akan lebih beruntung. sebagai informasi Ebook
"Panduan Merakit, Merawat dan Memperbaiki Komputer "dijual dengan harga Rp.100.000, namun jika anda membeli dengan paket diskon maka harganya hanya 197.000. tentu pilih yang diskon dong :)
















oya, jika sobat membeli dengan paket diskon, maka akan diberikan ebook seperti gambar berikut ini




lengkap bukan? anda tidak hanya bisa merakit komputer, tapi juga memiliki kesempatan untuk menjadi teknisi laptop, jaringan komputer dan lainnya. disamping akan ditambahkan dengan bonus berikut ini lagi:


saya rasa pemaparan saya ini sudah cukup, jika anda berminat, silahkan




Semua Ebook













dah kepanjangan nih pembukaannya, kembali ke topik pembicaraan. Sebelum memulai perakitan komputer,tentunya harus menyiapkan  perlengkapan yang dibutuhkan antara lain: tang, obeng, kabel, sekrup, jumper, baut, driver dan program aplikasi. Dan juga harus diperhatikan mengenai kompatibilitas / kesesuaian dari komponen-komponen terhadap motherboard karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, RAM, port dan I/O bus yang berlainan.
Langkah-Langkah Merakit Komputer

1. Memasang Processor ke Motherboard

Alangkah baiknya sebelum motherboard dipasang ke casing, terlebih dahulu memasang processor karena akan lebih mudah cara memasangnya. Cara memasang processor ke motherboard yaitu :

  • Kita tentukan dulu posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan tanda titik atau lekukan.
  • Angkat tuas pengunci socket ke atas supaya terbuka
  • Sesuaikan posisi kaki processor dengan lubang socket, kalau sudah lalu tekan processor ke dalam socket sampai rapat.
  • Kunci kembali dengan tuas pengunci.


Cara Merakit Komputer

2. Memasang Motherboard

Untuk memasang Motherboard pada casing yaitu letakkan motherboard pada tray casing dan sesuaikan lubang antara casing dan lubang motherboard, lalu kunci dengan sekrup.


Cara Merakit Komputer

3. Memasang Heatsink

Setelah processor terpasang, lalu pasang heatsink supaya processor tidak panas. Heatsink ini diletakkan diatas processor dan diberi penahan supaya tidak lepas. Sebelumnya lapisi heatsink dengan Gel penghantar panas. Apabila heatsink anda ada kipasnya/fan maka konektor power pada kipas/fan hubungkan ke motherboard.


Cara Merakit Komputer

4. Memasang RAM / Memori
Cara memasang Ram / modul memori yaitu : Buka dulu tuas penguncinya, lalu sesuaikan posisi lekukan pada modul memori dengan lekukan pada slot. Kalau sudah pas lalu tekan dan pasang kembali tuas pengunci RAM / memori.

Cara Merakit Komputer

5. Memasang Power Supply
Biasanya kalau kita membeli casing pasti power supply sudah terpasang. Nah apabila power supply belum terpasang caranya memaangnya yaitu :

  • Letakkan power supply pada tempatnya yang ada dibelakang casing, lalu kunci dengan sekrup.
  • Pasang konektor power dari power supply ke motherboard berikut kabel-kabelnya.


Cara Merakit Komputer

6. Memasang Kabel Motherboard dan Casing

  • Pasang kabel konektor IDE primary dan secondary pada motherboard.
  • Untuk motherboard non ATX, pasang kabel port serial dan pararel pada konektor di motherboard.
  • Pada bagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port tambahan jenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port lalumasukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
  • Hubungkan kabel konektor mouse dan keyboard pada motherboard.
  • Hubungan kabel konektor yang lainnya seperti LED, speaker internal dan port yang tersedia di casing komputer.


Cara Merakit Komputer

7. Memasang Drive
Untuk memasang drive seperti harddisk, CD-ROM/DVD-ROM caranya yaitu :

  • Masukkan drive dari depan casing. Atur dulu settingan jumper (sebagai master atau slave) pada drive, lalu pasang sekrup supaya drive tidak lepas.
  • Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primer yang dipakai lebih dulu)
  • Apabila kabel IDE terhubung pada 2 (dua) drive, setting jumpernya yaitu drive pertama disetting sebagai master dan satunya lagi sebagai slave.
  • Dan konektor IDE sekunder pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.
  • Sambungkan kabel power dari catu daya pada masing-masing drive.


Cara Merakit Komputer

8. Memasang Card Adapter

Untuk Card Adapter yang bisanya dipasang adalah sound, video card, modem dan SCSI adapter. Cara pemasangannya yaitu : masukkan Card Adapter pada slot yang tersedia di motherboard, lalu tekan sampai konektor benar-benar masuk, kemudian beri sekrup sebagai penahan card.


Cara Merakit Komputer

9. Tahap terakhir perakitan komputer

Kalau semua langkah-langkah perakitan komputer sudah selesai, kini tutup dengan casing dan beri sekrup. Hubungkan kabel dari catu daya ke soket dinding dan juga hubungkan konektor monitor ke port video card, konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse.


10. Pemeriksaan Hasil Perakitan Komputer

Setelah komputer selesai dirakit, kita lakukan pemeriksaan dan pengetesan hasilnya dengan program BIOS, caranya yaitu :

  • Nyalakan komputer dan monitor, lihat layar monitor dan juga dengarkan suara dari speaker.
  • Nah program Fost dari Bios ini akan otomatis mendeteksi hardware apa saja yang sudah dipasang pada komputer.
  • Lakukan setting untuk nilai dari kapasitas hardisk dan boot sequence.
  • Kalau sudah lalu simpan hasil settingan dan exit dari setup BIOS, maka komputer meload system operasi dengan urutan pencarian yang disesuaikan dengan settingan boot sequence pada Bios.
  • Masukkan CD Bootable yang berisi sistem operasi pada drive pencarian.


11. Solusi bila terjadi masalah pada hasil perakitan komputer

  • Hidupkan komputer, apabila komputer dan monitor tidak hidup, periksa kabel daya pada colokan listrik sudah terhubung apa belum.
  • Apabila waktu dinyalakan, tampilan layar monitor ngeblank / berwarna hitam, pasti ada kesalahan dan apabila pada CPU terdengar bunyi beep, maka betulkan penempatan RAM / memori pada soket.
  • Apabila card adapter tidak terdeteksi, periksa penempatan card adapter sudah pas apa belum ke slotnya.
  • Apabila LED dari harddisk atau CD menyala terus, periksa konektornya sudah terhubung apa belum.


Demikianlah Panduan Merakit Komputer Lengkap semoga bermanfaat

DAFTAR CUG SEKARANG | KLIK DISINI

Panduan Merakit Komputer Lengkap 4.5 5 Unknown Panduan Merakit Komputer Lengkap Panduan Merakit Komputer Lengkap - Dulu, sewaktu masih belajar dima'had Bustanul Arifin pondok sayur, Arminaven sempat mengikuti pelat...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Jangan lupa koment yah kawan,untuk mempererat silaturrahim, NO CAPTCHA berkomentarnya.
2.Silahkan kawan becanda,asal dengan etika.
3.Komentar Dengan Moderasi untuk menghindari SPAMMER. Yang mau pasang Link,gunakan NAME/URL. Link LIVE otomatis terhapus
4. Yang gak punya akun maka silahkan berkomentar sebagai "Anonim"
5.Gunakan media komentar ini sebagai sarana saran, masukan serta request :)
6.Terimakasih kunjungan dan komentarnya kawan,Mohon maaf jika belum bisa berkunjung balik

J-Theme