• INFO DAFTAR CUG
  • WA:085200000285
  • PIN: D703CC94

MOTIVASI MAHASISWA MEMASUKI FAKULTAS AGAMA ISLAM - BAB I

 

Advertisement
Solusi Nelpon SMS Paket Internet Telkomsel Murah - KLIK DISINI


BAB I

PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Masalah

Mahasiswa merupakan bagian dari komponen  masyarakat yang memiliki sejumlah tugas dan kewajiban dalam melakukan aktifitas kehidupannya. Mahasiswa adalah orang yang sedangg mengikuti perkuliahan atau (pendidikan) di perguruan tinggi, dituntut untuk menggali dan mengkaji ilmu pengetahuan secara mendalam dan luwes, sehingga memiliki keintelektualan yang dapat diandalkan. Mahasiswa merupakan harapan dan tumpuan masyarakat dimana pada suatu saat akan menjadi pemimpin dan pemain dalam menjalankan kehidupan.
Fungsi dari perguruan tinggi salah satunya adalah meningkatkan kemampuan dan ketrampilan mahasiswa. Untuk itu, mahasiswa bukan hanya dituntut kaya dengan ilmu pengetahuan (intelektual), tetapi harus mampu melaksanakannya dalam kehidupannya sehari-hari. Tujuan perguruan tinggi itu adalah membentuk manusia susila, yang cakap dan mempunyai keinsafan bertanggung jawab tentang kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya dan dunia umumnya, untuk berdiri pribadi dalam mengusahakan ilmu pengetahuan dan memangku jabatan negeri atau pekerjaan masyarakat yang membutuhkan didikan dan pengajaran ilmu pengetahuan.
Setidaknya ada 3 tujuan dari Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah berkiprah dalam dunia pendidikan, yaitu:
1.      Menyiakan peserta didik untuk menjadi ulama/sarjana yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab guna mengabdi bagi kemaslahatan umat, agama, bangsa dan negara.
2.      Menyiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat dan memiliki kemampuan dan keahlian yang dapat menerapkan, mengembangkan dan atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi atau kesenian.
3.      Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi mengadakan penelitian ilmiah untuk dikembangkan bagi kepentingan masyarakat[1].
Dengan demikian, aktifitas di perguruan tinggi tidak terlepas dengan kehidupan masyarakat yang ada dan ikut serta dalam mengembangkan hidup kemasyarakatan itu. Hal ini dapat dilihat dengan adanya aktifitas menerjunkan mahasiswa keberbagai daerah untuk mengabdikan ilmu yang telah dimiliki kepada masyarakat luas terutama masyarakat yang jauh dari sentuhan agama. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah tujuan dari Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah Medan untuk merealisasikan peran diri sebagai individu dan golongan yang bertanggung jawab terhadap kemaslahatan umat, bangsa dan negara.
Kegiatan kampus yang di atas sesuai dengan ruh dari Al Jam’iyatul Washliyah yang berjuang dengan harta dan jiwa raga dalam mengembangkan dan menyebarkan agama Islam, hal ini telah terukir dalam Al-Qur’an pada surat As Shaf ayat :10-11
Artinya: 10. Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih?. 11. (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. (Q.S : As Shaf: 10-11)[2]
Di samping itu Fakultas Agama Islam juga membekali mahasiswanya dengan keahlian dan kemampuan sebagai persiapan menjadi anggota masyarakat yang diharapkan juga dapat menerapkan serta mengembangkan keahlian dan kemampuan yang telah dimiliki, atau bahkan mampu menciptakan ilmu pengetahuan baru, teknologi atau kesenian.
Fakultas Agama Islam sebagai pusat pendidikan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan Islam dan berbagai ilmu teknologi yang terkait untuk membangun masyarakat madani dalam rangka memberdayakan warga negara menjadi manusia berkualitas yang mampu menjawab tantangan zaman berlandaskan pada iman dan amal secara integral[3]. Dari visi Fakultas Agama Islam ini, diharapkan mahasiswa yang menggali ilmu di Fakultas Agama Islam dapat memberikan kontribusi yang posotif bukan hanya untuk diri sendiri tetapi untuk agama dan negara juga. Selain itu, Fakultas Agama Islam juga mempunyai misi sebagai berikut:
1.      Meningkatkan profesionalitas dan akuntabilitas sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan keIslaman dan ilmu-ilmu terkait berdasarkan standar nasional dan global.
2.      Mengupayakan integrasi paradigma dan epitemologi ilmu-ilmu umum dan ilmu-ilmu agama Islam.
3.      Mendidik mahasiswa menjadi warga masyarakat yang bermoral agama berlandaskan nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, akhlakul karimah, bersikap kritis, objektif, terbuka, jujur, menguasai ilmu pengetahuan, memiliki keterampilan hidup yang berharkat dan bermartabat, memiliki tanggung jawab kemasyarakatan dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan Islam dan ilmu-ilmu lain.
4.      Mengupayakan konseptualisasi ajaran Islam dan khazanah pemikiran Islam agar dapat diaktualisasikan secara operasional ke dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat yang bermoral agama, berharkat dan bermartabat.
5.      Mengembangkan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan menentukan secara akademik terhadap berbagai permaslahan dalam kehidupan sosial yang dinamis.
Berangkat dari visi  dan misi Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah Medan di atas, maka melaksanakan proses belajar mengajar merupakan aplikasi dari visi dan misi tersebut sehingga dilakukanlah pendidikan setiap tahun akademiknya, yang akan membentuk masyarakat di masa depan, membentuk sarjana sarjana yang cakap membandingkan masalah-masalah yang dikehendaki masyarakat, serta dapat mengambil mana yang sesuai dengan perkembangan masa dan masyarakat masing-masing.
Di samping itu, juga membentuk mahasiswa-mahasiswa yang berilmu luas, berdada lapang, berahklak tinggi kepada Allah, yang dapat memenuhi hajat penduduk kota yang sudah dipengaruhi oleh aneka rupa kebudayaan luar, dan dapat melayani serta mau melayani kebutuhan-kebutuhan penduduk desa dan kampung yang masih primitif dan segala sederhana keadaannya istimewa dalam cara berfikir yang belum banyak mempunyai “critise zin” yang lebih banyak berpegang teguh kepada warisan-warisan lama pusaka usang dan sukar melepaskan diri pada taqlid. Membentuk mahasiswa yang tidak hanya pandai bercakap (berpidato), tetapi juga pandai beramal dan berusaha, pandai menempatkan sesuatu pada tempatnya dengan jiwa yang dinamis.
Berangkat dari tujuan mulia di atas, maka program pendidikan dilakukan berupa serangkaian dengan penciptaan lapangan kerja. Untuk itu, mahasiswa yang datang memilii motivasi yang berbeda antara satu dengan lainnya. Menurut hemat penulis ada beberapa motivasi mahasiswa memasuki Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah, yaitu:
1.      Untuk mengembangkan dan menuntut ilmu pengetahuan secara mendalam dan luwes.
2.      Untuk mendapatkan pekerjaan, sebab bila setelah selesai menyelesaikan kuliah akan bekerja sebagai tenaga edukatif bidang studi agama pada suatu lembaga pendidikan formal ataupun non formal.
Fenomena yang terjadi sekarang ini, dimana pengangguran sarjana Fakultas Agama Islam menunjukkan bahwa semakin banyaknya angka-angka pengangguran dari tahun ke tahun. Kondisi ini akan mempengaruhi persepsi orang tua dan anak yang ingin melanjutkan studinya ke Fakultas Agama Islam Universitas Al-Washliyah (FAI UNIVA) Medan. Mereka berpendapat bahwa untuk apa kuliah sementara pada akhirnya menjadi sarjana pengangguran juga. Hal ini harus segera diatasi, agar anak yang akan melanjutkan studinya ke Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah Medan tidak terpropokasi dengan kenyataan dan keadaan yang sedemikian rupa. Akibatnya akhir-akhir ini, UNIVA dijadikan sebagai pilihan alternatif perguruan tinggi negeri yang terakhir, dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa apabila tidak lulus di perguruan tinggi negeri yang ada di Sumatera Utara, maka baru masuk ke UNIVA.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk meneliti tentang Motivasi Mahasiswa Memasuki Fakultas Agama Islam Universitas Al-Washliyah (UNIVA) Medan ( Studi Pada Semester I T.A. 2011 / 2012 )

B.     Ruang Lingkup Dan Rumusan Masalah

Untuk memperjelas masalah yang diteliti dan dibahas dalam skripsi ini akan dikemukakan rumusan masalahnya sebagai berikut :
1.      Bagaimanakah motivasi mahasiswa melanjutkan pendidikan ke Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah Medan Medan
2.      Bagaimanakah faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa melanjutkan pendidikan ke Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah Medan Medan.
3.      Bagaimanakah penghambat mahasiswa memasuki Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah Medan

C.    Batasan Istilah Dan Fokus Masalah

Untuk menghindari kekeliruan pemahaman terhadap berbagai istilah yang dipergunakan dalam judul ini maka perlu dijelaskan pembatasan istilah yaitu:
1.      Motivasi adalah “ Latar belakang; sebab sebab yang menjadi dorongan tindakan seseorang”.[4] Motivasi yang penulis maksud dalam penelitian ini adalah tujuan, keinginan dan latar belakang anak masuk ke Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah Medan Medan
2.      Mahasiswa yang penulis maksud dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang baru masuk ke Fakultas Agama Islam stambuk 2011/2012 jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI)
3.      Fakultas Agama Islam, yaitu “ salah satu fakultas yang ada pada UNIVA yang bertujuan menyiapkan peserta didik untuk menjadi ulama/sarjana yang berakhlak mulia, memiliki kemampuan dan keahlian dan dapat menerapkan ilmu pengetahuan ”[5]
Berdasarkan batasan di atas maka yang menjadi fokus masalah dalam penelitian ini adalah motivasi mahasiswa melanjutkan pendidikan ke Fakultas Agama Islam UNIVA

D.    Tujuan Penelitian

Setiap aktifitas yang dilakukan manusia baik secara individu maupun kelompok, sudah barang tentu memiliki tujuan yang hendak dicapai. Untuk melihat arah penelitian ini maka sebagai tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui motivasi mahasiswa melanjutkan pendidikan ke Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah Medan Medan
2.      Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa melanjutkan pendidikan ke Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah Medan Medan.
3.      Untuk mengetahui penghambat mahasiswa memasuki Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah Medan

E.     Kegunaan Penelitian

Sebagaimana tujuan penelitian yang telah dipaparkan di atas, maka hasil dari peneitian ini diharapkan berguna untuk:
1.      Menambah wawasan bagi penulis sendiri maupun bagi mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah Medan Medan
2.      Sebagai sumbangan ilimiah tentang Motivasi mahasiswa memasuki Fakultas
3.      Sebagai bahan masukan bagi mahasiswa baru Fakultas Agama Islam stambuk 2011/2012 jurusan PAI dalam mengikuti perkuliahan
4.      Sebagai bahan masukan bagi dosen dalam mengembangkan pengetahuan mahasiswa melalui proses belajar mengarjar di Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah Medan Medan
5.      Sebagai bahan perbandingan bagi peneliti lainnya dalam membahas masalah yang sama dalam lokasi yang berbeda.



[1] TIM Penyusun Buku Panduan Akademik  Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah Medan Tahun Akademik 2011/2012, (Medan: UNIVA Press) 2011, hal. 3
[2] Yayasan Penyelenggara Penerjemah/Penafsir Al-Qur’an, Terjemah Al-Qur’an Al-Karim, (Bandung: Syamil Cipta, 2005), h al. 552
[3] TIM Penyusun Buku Panduan Akademik  Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah Medan Tahun Akademik 2011/2012, Op, Cit, hal. 2
[4]  M. Sastrapradja, Kamus Istilah Pendidikan dan Umum, (Surabaya :Usaha Nasional), 1987, hal. 330
[5]  TIM Penyusun Buku Panduan Akademik  Fakultas Agama Islam Universitas Al Washliyah Medan Tahun Akademik 2011/2012, (Medan: UNIVA Press) 2011, Op, Cit, hal. 3

Makalah Arminaven

1. POKOK-POKOK BAHASAN AKHLAK DI SMU
2. PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP PAI DI SLTP SMU
3. POKOK BAHASAN AL-QURAN DI SLTP
4. POKOK BAHASAN MUAMALAH DI SMU
5. Makalah sejarah masuknya islam ke indonesia
6. pemberian SCORE VERIFIKASI DAN STANDAR PENILAIAN PAP DAN PAN 
7. Makalah pokok bahasan aqidah SMP SMA 
8. perkembangan biologis dan perseptual anak
9. pengertian dan sejarah singkats osiologi pendidikan 
10. PANDANGAN islam TENTANG PEMBELAJARAN 
11. GURU DAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN 
12. makalah pokok pokok ilmu tajwid dan kandungan alquran 
13. ADMinistrasi PENDIDIKANI 
14. pembuatan KTSP 
15. makalah landasan pengembangan kurikulum 
16. Kumpulan Judul Skripsi Pendidikan Agama Islam 
17. makalah Hadist 
18. masa'ilul fiqhiyah 
19. Makalah JENIS-JENIS SYARAT EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM 
20. makalah MPDP SKI
21. POKOK BAHASAN AKHLAK DI SLTP
22. POKOK BAHASAN AL-QURAN DI SMU 
23. POKOK BAHASAN AQIDAH DI SLTP
24. POKOK BAHASAN IBADAHD SLTP SMU
25. tanggung jawab Kepala Sekolah Sebagai Administrator Pendidikan
26. MAKALAH SPI abbasiyahumayyah
27. Makalah_dasar-dasar pendidikan islam
28. Makalah PsikologiUmum
29. makalah SEJARAH kemunduran PERADABAN ISLAM
30. psikologi perkembangan perseptual anak 
31. makalahQ PLS kejar paket ABC
32. Makalah SPI_dinasti abbasiyah
33. objek ijtihad 
34. makalah kapita selekta pendidikan 
35. makalah OBJEK N KEGUNAAN FILSAFAT ISLAM
36. makalah psikologi belajar dan hakikat kejiwaan dalam belajar 
37. makalah ontologi-filsafat
38. makalah partai politik demokrat
39. makalah pengertian dan ruang lingkup pendidikan agama islamMt sMA

DAFTAR CUG SEKARANG | KLIK DISINI

MOTIVASI MAHASISWA MEMASUKI FAKULTAS AGAMA ISLAM - BAB I 4.5 5 Unknown MOTIVASI MAHASISWA MEMASUKI FAKULTAS AGAMA ISLAM - BAB I BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Masalah Mahasiswa merupakan bagian dari komponen  masyarakat yang memiliki sejumlah tu...


1 komentar:

1.Jangan lupa koment yah kawan,untuk mempererat silaturrahim, NO CAPTCHA berkomentarnya.
2.Silahkan kawan becanda,asal dengan etika.
3.Komentar Dengan Moderasi untuk menghindari SPAMMER. Yang mau pasang Link,gunakan NAME/URL. Link LIVE otomatis terhapus
4. Yang gak punya akun maka silahkan berkomentar sebagai "Anonim"
5.Gunakan media komentar ini sebagai sarana saran, masukan serta request :)
6.Terimakasih kunjungan dan komentarnya kawan,Mohon maaf jika belum bisa berkunjung balik

J-Theme