• INFO DAFTAR CUG
  • WA:085200000285
  • PIN: D703CC94

Proposal PENGARUH PREE TEST DAN POST TEST TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI QUR’AN HADITS DI MTs. MUALLIMIN UNIVA MEDAN T.A 2005/2006

 

Advertisement
Solusi Nelpon SMS Paket Internet Telkomsel Murah - KLIK DISINI

A. Latar Belakang Masalah

pendidikan dan pengajaran disebuah Negara memegang peranan penting dalam rangka memajukan tahap kehidupan masyarakatnya, baik dari sudut ekonomi, teknologi, sosial dan kebudayaan. Maka dari keseluruhan dari tujuan yang diharapkan di atas akan bisa diperoleh oleh suatu bangsa hanya melalui suatu lembaga pendidikan. Sebab seorang anak melalui pendidikan akan memperoleh ilmu pengetahuan, kecakapan dan pembinaan mental sebagai bekal menuju kematagan diri, agar kelak berguna bagi kepentingan bangsa dan Negara.

Pendidikan nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu “ manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kepada masyarakat dan bangsa.

Untuk mencapai tujuan tersebut tentu saj dibutuhkan berbagai usaha yang dapat menjembatani penciptaan insan yang berkualitas. Salah satu faktor pendukung agar hal tersebut dapat tercapai adalah lembaga pendidikan sekolah yang harus memiliki guru yang berkualitas atau berkompeten dalam bidang pengajaran, artinya guru harus memiliki keterampilan dalam mengajar, berbagai keterampilan penting yang haus dimiliki guru antara penguasaan bahan atau materi, metode mengajar, alat peraga dan evaluasi berserta alat alatnya.

Penggunaan pree test dan post sebagai alat evaluasi merupakan salah satu hal penting yang harus dikuasai dalam menyampaikan pelajaran didepan kelas yang dimaksudkan untuk mengetahui keberhasilan guru dalam mengajar dan keberhasilan siswa dalam menerima pelajaran. Karena itu penggunaan pree test dan pos test menjadi penting untuk diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar didalam kelas. Tanpa adanya kedua alat ini guru akan mengalami sedikit hambatan dalam mengukur keberhasilan belajar siswa.

Pree test adalah kegiatan menguji tingkatan pengetahuan siswa terhadap materi yang akan disampaikan, kegiatan pree test dilakukan sebelum kegiatan pengajaran diberikan. Adapun manfaat dari diadakannya pree test adalah untuk mengetahui kemampuan awal siswa mengenai pelajaran yang disampaikan. Dengan mengetahui kemampuan awal siswa ini, guru akan dapat menentukan cara penyampaian pelajaran yang akan ditempuhinya nanti.

Sementara post test adalah kegiatan menguji tingkat pengetahuan siswa terhadap materi yang baru selesai disampaikan. Manfaat dari diadakannya post test ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan yang dicapai setelah berakhirnya penyampaian pelajaran. Hasil post test ini dibandingkan dengan hasil pree test yang telah dilakukan sehingga akan diketahui seberapa jauh efek atau pengaruh dari pengajaran yang telah dilakukan, disamping sekaligus dapat diketahui bagian bagian mana dari bahan pengajaran yang masih belum dipahami oleh sebahagian besar siswa.
Kegiatan pree test dan post test ini dilakukan untuk mengukur seberapa besat daya serap siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Jika setelah dilakukan pree test dan post test masih ditemukan siswa kurang baik daya serapnya terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, tentu saja guru dapat mengambil langkah konkrit untuk mengatasinya, seperti mengulang penjelasannya kembali pada pertemuan berikutnya atau memberikan tugas kepada siswa untuk membaca kembali penjelasannya yang telah disampaikan oleh guru.

Untuk menjawab persoalan persoalan diatas maka dalam penelitian ini penulis akan mencoba mengkajinya melalui sebuah penelitian dengan mengangkat judul yakni : “PENGARUH PREE TEST DAN POST TEST TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI QUR’AN HADITS DI MTs. MUALLIMIN UNIVA MEDAN T.A 2005/2006”


B. Ruang lingkup dan Rumusan Masalah


Untuk memperoleh gambaran mengenai permasalahan dalam melaksanakan penelitian, maka perlu adanya ruang lingkup dan perumusan masalah untuk menghindari terjadinya penyimpangan dalam pembahasan dan tidak lari dari sasaran yang hendak dicapai
Oleh karena itu bertitik tolak dari latar belakang masalah yang telah dikemukankan sebelumnya, maka ruang lingkup yang terdapat dalam penelitian ini adalah “Pengaruh pree test dan post test terhadap hasil belajar siswa di MTs. Muallimin UNIVA Medan”.
Berdasarkan ruang lingkup diatas, maka penulis dapat mengambil perumusan masalah dalam penelitian ini.

1. Bagaimana pengaruh pree test dan post test dalam kegiatan pengajaran di depan kelas
2. Bagaimana hasil belajar siswa pada bidang studi Qur’an Hadits di MTs. Muallimin UNIVA Medan
3. apakah terdapat hubungan antara pengaruh pree test dan post test dengan hasil belajar siswa di MTs. Muallimin UNIVA Medan

C. hipotesa penelitian


hipotesa merupakan dugaan atau kesimpulan sementara hasil penelitian terhadap permasalahan yang diteliti sehingga masih perlu dibuktikan melalui pengujia hipotesa. Dalam penelitian ini yang menjadi hipotesanya adalah : diperkirakan ada “Pengaruh pree test dan post test terhadap hasil belajar siswa di MTs. Muallimin UNIVA Medan”.

D. populasi dan sample


adapun yang menjadi populasi penelitian adalah keseluruhan siswa siswi MTs. Muallimin UNIVA Medan yang berjumlah : 243 orang.
Kelas I Sebanyak 89 Orang
Kelas II Sebanyak 74 Orang
Kelas III Sebanyak 80 Orang
Jumlah 243 Orang

Maka adapun yang menjadi sample penelitian ini adalah Kelas I MTs. Muallimin UNIVA Medan tahun ajaran 2005/2006 yang berjumlah dua kelas yakni kelas I A dan kelas I B yang berjumlah 89 orang. Dan untuk menarik sample penelitian ini berpedoman kepada pendapat Suharsimi Arikanto yang menyatakan bahwa : “Apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi…” . Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi sampelnya adalah keseluruhan siswa berjumlah 90 orang. Selanjuntya sampel penelitian ini dibagi menajadi dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan ketentuan sebagai berikut :

a. kelas IA sebagai kelas eksperimen sebanyak 45 orang
b. kelas IB sebagai kelas kontrol sebanyak 45 orang

agar kelas homogen dilakukan langkah langkah sebagai berikut :
a. kedua kelas diberi materi yang sama
b. lamanya penyampaian materi kedua kelas sama
c. guru yang sama
d. waktu yang digunakan untuk kedua kelas sama

DAFTAR PUSTAKA

Suharsimi Arikanto : Prosdeur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, ( Jakarta : Bina Aksara, 1989),
Skripsi ka’ khairuna, S.pdi

Makalah Arminaven
1. POKOK-POKOK BAHASAN AKHLAK DI SMU
2. PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP PAI DI SLTP SMU
3. POKOK BAHASAN AL-QURAN DI SLTP
4. POKOK BAHASAN MUAMALAH DI SMU
5. Makalah sejarah masuknya islam ke indonesia
6. pemberian SCORE VERIFIKASI DAN STANDAR PENILAIAN PAP DAN PAN 
7. Makalah pokok bahasan aqidah SMP SMA 
8. perkembangan biologis dan perseptual anak
9. pengertian dan sejarah singkats osiologi pendidikan 
10. PANDANGAN islam TENTANG PEMBELAJARAN 
11. GURU DAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN 
12. makalah pokok pokok ilmu tajwid dan kandungan alquran 
13. ADMinistrasi PENDIDIKANI 
14. pembuatan KTSP 
15. makalah landasan pengembangan kurikulum 
16. Kumpulan Judul Skripsi Pendidikan Agama Islam 
17. makalah Hadist 
18. masa'ilul fiqhiyah 
19. Makalah JENIS-JENIS SYARAT EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM 
20. makalah MPDP SKI
21. POKOK BAHASAN AKHLAK DI SLTP
22. POKOK BAHASAN AL-QURAN DI SMU 
23. POKOK BAHASAN AQIDAH DI SLTP
24. POKOK BAHASAN IBADAHD SLTP SMU
25. tanggung jawab Kepala Sekolah Sebagai Administrator Pendidikan
26. MAKALAH SPI abbasiyahumayyah
27. Makalah_dasar-dasar pendidikan islam
28. Makalah PsikologiUmum
29. makalah SEJARAH kemunduran PERADABAN ISLAM
30. psikologi perkembangan perseptual anak 
31. makalahQ PLS kejar paket ABC
32. Makalah SPI_dinasti abbasiyah
33. objek ijtihad 
34. makalah kapita selekta pendidikan 
35. makalah OBJEK N KEGUNAAN FILSAFAT ISLAM
36. makalah psikologi belajar dan hakikat kejiwaan dalam belajar 
37. makalah ontologi-filsafat
38. makalah partai politik demokrat
39. makalah pengertian dan ruang lingkup pendidikan agama islamMt sMA


DAFTAR CUG SEKARANG | KLIK DISINI

Proposal PENGARUH PREE TEST DAN POST TEST TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI QUR’AN HADITS DI MTs. MUALLIMIN UNIVA MEDAN T.A 2005/2006 4.5 5 Unknown A. Latar Belakang Masalah pendidikan dan pengajaran disebuah Negara memegang peranan penting dalam rangka memajukan tahap kehidupan masya...


No comments:

Post a Comment

1.Jangan lupa koment yah kawan,untuk mempererat silaturrahim, NO CAPTCHA berkomentarnya.
2.Silahkan kawan becanda,asal dengan etika.
3.Komentar Dengan Moderasi untuk menghindari SPAMMER. Yang mau pasang Link,gunakan NAME/URL. Link LIVE otomatis terhapus
4. Yang gak punya akun maka silahkan berkomentar sebagai "Anonim"
5.Gunakan media komentar ini sebagai sarana saran, masukan serta request :)
6.Terimakasih kunjungan dan komentarnya kawan,Mohon maaf jika belum bisa berkunjung balik

J-Theme