• INFO DAFTAR CUG
  • WA:085200000285
  • PIN: D703CC94

Anak Diluar Nikah

 

Advertisement
Solusi Nelpon SMS Paket Internet Telkomsel Murah - KLIK DISINI

Anak Diluar Nikah
Al jurzani dalam kitabnya al ta’rifat, mendefenisikan zina: “ memasukkan penis ( zakar ) kedalam vagina ( faraj ) yang bukan miliknya (bukan istrinya) dan tidak ada unsur syubhat (keserupaan / kekeliruan) “. Berdasarkan definisi diatas, suatu perbuatan dapat dikatakan zina jika memenuhi dua unsur. Pertama adanya persetubuhan (sexual intercourse) antara dua orang yang berbeda kelamin yang bukan suami istri. Kedua, tidak adanya keserupaan ata kekeliruan (syubhat) dalam perbuatan seks.

Sering dijumpai ditengah tengah masyarakat ada seorang wanita yang melahirkan seorang anak hasil dari hubungan diluar nikah dan masyarakat menyebutnya dengan sebutan anak haram, anak zina, anak jadah dan anak terlaknat. Yang perlu diluruskan adalah sebutan tersebut adalah keliru dan salah sasaran. Karena seakan akan dengan sebutan tersebut si anaklah yang salah dan berdosa. Sebenarnya jika kita melihatnya dengan lurus dan proporsional, sesungguhnya kelahiran anak dari hasil zina tidak salah dan tidak berdosa.Islam mengakui semua anak yang lahir ke alam ini suci dan bersihh tanpa memandang kedua orangtuanya. Seperti dalam hadis rosulullah SAW yang diriwatkan oleh imam al Baihaqi : Setiap anak yang dilahirkan didunia ini suci dan bersih dari dosa dan beragama tauhid, sehingga ia jelas bicaranya, maka kedua orangtunyalah yang menyebabkan anaknya beragama yahudi atau nasrani atau majusi.

Sifat suci dan bersih menurut konsep islam itu dimiliki oleh setiap anak yang lahir. Karena masalah dosa dalam islam tidak dikenal adanya dosa turunan. Dosa harus ditanggung oleh setiap manusia yang melakukannya. Hal ini ditegaskan oleh Allah SWT: Artinya bahwasanya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. (QS. Al Najm:38).

Karena itu anak zina harus diperlakukan secara manusiawi, diberi pendidikan,pengajaran, dan keterampilan yang berguna untuk bekal hidupnya dimasyarakat nanti yang bertanggung jawab untuk mencukupi kebutuhan hidupnya materil dan spiritual adalah terutama ibunya yang melahirkannya dan keluarga ibunya. Sebab anak zina hanya mempunyai hubungan nasab atau perdata dengan ibunya. Apabila ibunya yang melahirkan tidak bertanggung jawab, bahkan sampai hati membuangnya untuk menutup malu atau aib keluarga; maka siapa pun yang menemukan anak (bayi) zina tersebut wajib mengambilnya untuk menyelamatkan jiwanya. Keluarga yang menemukan bayi terlantar akibat dari hubungan gelap orang – orang yang tidak bertanggung jawab, wajib mengasuhnya dan mendidik baik-baik, dan untuk mencukupi kebutuhan hidup anak tersebut, bisa atas harta priibadi keluarga sindiri dan bisa juga atas bantuan baitul mal. Dan bisa juga anak tersubut diserahkan kepada panti asuhan anak yatim.

Perlu ditambahkan bahwa anak yang lahir sebelum enam bulan dari perkawinan, maka sang ayah berhak menolak keabsahan anak itu menjadi anaknya, sebab masa hamil yang paling sedikit berdasarkan alquran surat albaqarah ayat 233 dan surah al ahqaf ayat 15 adalah 6 bulan. Sedangkan masa hamil yang terlama dari seoarang wanita tiada nash yang jelas dari al qur’an dan sunnah. Pendapat fuqaha’ tentang masalah ini berbeda beda mulai dari 9 bulan menurut mazhab zohiri, setahun menurut Muhammad bin abdul hakam al maliki, 2 tahun menurut mazhab imam hanafi, 4 tahun menurut mazhab syafi’I, dan 5 tahun menurut mazhab maliki. Perbedaan pendapat tersebut disebabkan karena hanya didasarkan atas informasi dari sebagian wanita yang dijadikan responden yang belum tentu mengerti ilmu kesehatan khususnya tentang ilmu kandungan.

DAFTAR CUG SEKARANG | KLIK DISINI

Anak Diluar Nikah 4.5 5 Unknown Anak Diluar Nikah Al jurzani dalam kitabnya al ta’rifat, mendefenisikan zina: “ memasukkan penis ( zakar ) kedalam vagina ( faraj ) yang b...


No comments:

Post a Comment

1.Jangan lupa koment yah kawan,untuk mempererat silaturrahim, NO CAPTCHA berkomentarnya.
2.Silahkan kawan becanda,asal dengan etika.
3.Komentar Dengan Moderasi untuk menghindari SPAMMER. Yang mau pasang Link,gunakan NAME/URL. Link LIVE otomatis terhapus
4. Yang gak punya akun maka silahkan berkomentar sebagai "Anonim"
5.Gunakan media komentar ini sebagai sarana saran, masukan serta request :)
6.Terimakasih kunjungan dan komentarnya kawan,Mohon maaf jika belum bisa berkunjung balik

J-Theme